Keterangan Surat Ar Rahman Lengkap

Keterangan Surat Ar Rahman Lengkap – Surat Ar Rahman merupakan salah satu surat surat yang populer dan banyak dihafal oleh umat islam di penjuru dunia, isi dari surat Ar Rahman yang menjelaskan kenikmatan surga dengan segala kemudahannya disana tergambar jelas dalam surat ini. Selain itu Ar Rahman merupakan salah satu dari nama nama Allah Ta’ala yang tinggi dan Indah atau lebih kita kenal dengan Asmaul Husna.

Surat ini terkenal dengan ayat yang selalu di ulang ulang di dalamnya yakni kalimat “Fa-biayyi alaa’i Rabbi kuma tukadzdzi ban” yang artinya maka nikmat tuhan mana lagi yang kamu dustakan. bunyi dari ayat tersebut menunjukan bahwasannya Allah Ta’ala adalah Zat Yang Maha Pemberi kepada semua makhluknya tanpa terkecuali, baik mereka yang memiliki perilaku kurang baik ataupun mereka yang memiliki perilaku terpuji.

Secara lebih jelas dan lengkapnya, berikut ini kami akan mengulas keterangan surat Ar Rahman lengkap atau informasi yang terkandung di dalamnya dan silahkan teman teman pelajari.

Keterangan Surat Ar Rahman

Keterangan Surat Ar Rahman Lengkap

Surat Ar Rahman adalah surat yang ke 55 atau menempati urutan yang ke 55, surat ini masih termasuk kedalam golongan dari surat surat Makkiyah (Surat Yang diturunkan Di Kota Mekkah), kemudian nama Ar Rahman yang menjadi nama dari surat ini diambil dari bunyi ayat yang pertama yang artinya Yang Maha Pemurah, Surat Ar Rahman terletak di dalam juz ke 27 dengan jumlah ruku’nya adalah 3 ruku dan jumlah ayatnya adalah 78 ayat.

Kemudian dalam mushaf Al Quran, surat Ar Rahman terletak setelah surat Al Qomar dan sebelum dari surat Al Waqiah. Sesuai dengan arti dari surat ini ” Zat Yang Maha Pemurah”,  Allah Azza Wa Jalla mempertegas sifatnya tersebut dengan mengulang ulang ayat “nikmat tuhan mana lagi yang kamu dustakan” setelah menunjukan ayat berupa nikmat nikmat Allah Ta’ala yang telah diberikan kepada manusia, surat ini ditujukan kepada kaum masyarakat Mekkah kala itu yang ingkar kepada-Nya dan menyembah berhala berhala yang dianggap mereka mampu memberikan dan juga mendatangkan nikmat pada mereka, padahal patung patung mereka itu kelak akan menjadi saksi di hari pembalasan dan berhala tersebut akan memberatkan diri mereka masing masing untuk masuk kedalam neraka.

Dalam surat Ar Rahman Allah Azza Wa Jalla mengabarkan tentang bidadari bidadari yang ada didalam  surga dan disediakan untuk orang orang  yang beriman dan beramal sholeh, bidadari-bidadari tersebut tidak pernah disentuk oleh seseorang makhluk manapun dari golongan manusia ataupun jin. Kemudian ayat ini ditutup dengan kalimat yang sangat indah yakni dengan menyebut nama Allah Ta’ala yang agung serta mulia.

Point penting yang dapat kita pelajari dari surat ini adalah kita sebagai makhluk yang telah Allah Ta’ala ciptakan sudah semestinya bersyukur dan tidak mendustakan terhadap nikmat nikmat Allah Ta’ala. Serta kita yakini bahwasannya janji Allah Ta’ala kepada hambanya tidak akan pernah diingkari karena sesungguhnya kitalah yang membutuhkan Allah dan bukan Allah yang membutuhkan kita.

Akhir kata demikian keterangan surat Ar Rahman dan semoga kita bisa menjadi seseorang yang lebih bertakwa dan mampu mensyukuri segala nikmat yang telah Allah karuniakan kepada kita. Terimakasih.

About The Author